Sabtu, 01 Juni 2013

Farmasi apa sih?


Hai hai sob.. ^_^
Wah aku lagi sibuk banget nih, biasa anak farmasi kerjaannya kuliah-praktikum-laporan aduh pacar yang setia hha jadi baru sempet ngeblog lagi.. maap ye bosen bacain postingan lama hhe.
Pertama-tama aku mau ngucapin selamat lulus buat adik-adik kelasku tingkat SMA, SMP maupun SD, dan yang belum lulus gak usah khawatir gak usah sedih, gak lulus itu bukanlah akhir dari segalanya :) tetep semangat dan terus luruskan pandangan ke depan menghadapi masa depan okeoke itulah lulus yang sebenar-benarnya :). Nah, yang lulus SMA nih lagi pada galau-galau ria pengen masuk kuliah dimana? jurusan apa? pelajarannya apa aja sih? aduh bentar lagi gue dibully oh noooo (yang ini lebay dan gak usah dipikirin hha). Di sini aku mau cerita soal jurusan farmasi. Kebanyakan orang masih gak tau farmasi itu apa? tukang bikin obat doang ya? tukang jamu ya? lulusannya ntar jadi apa? ah mata kuliahnya (pelajarannya)  susah deh kayaknya, dan banyak statement yang lain yang pertanyaannya muter-muter di otak. Ayo kita bahas Farmasi itu apa???
Farmasi itu jurusan dimana kita belajar mengenai obat, mekanisme obat dalam tubuh, mempelajari tentang kandungan obat, gak cuma itu aja, kita juga belajar tentang anatomi tubuh, reaksi-reaksi kimia, analisis kimia, dan masih banyak lagi. Kamu perlu kuat dalam berbagai ilmu kayak kimia, fisika, biologi, matematika, dan bahasa inggris. Loh kok bahasa Inggris vi? Iya hhe soalnya kebanyakan materi kuliahnya pake bahasa Inggris, tapi kalo kalian gak mahir banget gak apa-apa sih, toh masih ada eyang google :D. Terus lulusannya bakal jadi apa vi? Jadi sarjana farmasi. Loh bukan apoteker? Gini-gini jadi tuh banyak farmasi yang ditawarkan oleh berbagai perguruan tinggi di Indonesia, tingkatannya ada D3 dan S1. D3 itu 3 tahun pendidikan sedangkan S1 itu 4 tahun pendidikan. Gelarnya juga beda, kalo D3 itu kalo gak salah Amd.Farm, kalo S1 itu S.Farm. Nah, buat yang tadinya cuma SMA dan pengen cepet-cepet kerja dan memilih farmasi sebagai pilihannya aku saranin sih masuk D3 farmasi aja. Loh vi tapi nanggung, mending S1 sekalian kan? Ini pikiran aku banget pas dulu masih SMA. D3 itu lebih ke teknisnya, praktikumnya jauh lebih yahud dibandingkan S1, dan lebih siap kerja. Ya kayak SMK gitu, tapi jangan meremehkan D3, justru kebanyakan dilowongan pekerjaan yang sering dicari itu D3 kalo gak apoteker. Nah itu apoteker gimana tuh vi? Lulusan S1 dong?. Hampir bener sih, cuma gini, apoteker itu hampir sama kayak jurusan profesi yang lain. Misal nih, kalo kedokteran itu lulusannya baru jadi co-ast terus kalo mau jadi dokter harus ambil profesi dokter. Farmasi juga gitu, waktu lulus S1 gelarnya baru S.Farm dan kalo mau jadi apoteker harus ambil profesi apoteker selama 1 tahun (itu sekarang, gak tau tahun besok-besoknya). Vi, kuliah di farmasi susah ya? Engga kok, selama kalian menikmati setiap prosesnya Insya Allah semuanya bakal lancar :), gak ada tuh kuliah yang gak susah, namanya juga lagi belajar kan?, yang ada yang niatnya cuma mejeng doang di kampus baru deh.
Nah, sekarang gimana kalian aja. Semua pilihan ada ditangan kalian karena kalian yang kuliah bukan aku hhe. Dan aku ingetin lagi, kuliah itu bukan ajang pamer kamu kuliah dijurusan apa? Bakal jadi keren dibandingkan jurusan lain kah? Semua jurusan itu keren, bagus dan bermanfaat selagi kita serius menekuninya. Bahkan apa yang kalian pilih adalah tanggung jawab yang besar buat hidup kamu kelak dan hidup banyak orang. Yang penting lihat apa kelebihannya kamu, baru deh tetapin jurusan apa yang kamu pengenin. Lihat juga cita-cita kamu pengen jadi apa, kalo lulus mau gimana, itu harus dipikirin dari sekarang, jangan Cuma asal comot jurusan aja dan bilang “yang penting kuliah” beuuuh -__-.  Karena kuliah itu butuh menikmati prosesnya, biar gak ngerasa susah ngejalaninnya. Kalo dari awal aja kamu gak suka sama jurusannya, kesananya bakal ngerasa susah banget. Dan jika itu suruhan orang tua, coba deh kamu bilang baik-baik sama orang tua kamu. Negosiasi sama orang tua itu perlu, yang kuliah kan kamu bukan orang tua kamu. Dan satu lagi, gak usah minder mau kuliah di perguruan tinggi terkenal kek, engga kek, kamu lihat kemampuan orang tua kamu. Syukur-syukur dapet beasiswa, nah kalo yang engga? Kuliah dimana aja It’s ok, mata kuliah dimana aja sama di setiap jurusannya. Toh sama-sama lulus dengan gelar yang sama kan? Yang penting kitanya aja, harus siap bersaing sama yang lain, jadi kuliahnya juga harus yang bener ya.. boleh-boleh aja main, mejeng atau yang lain, tapi harus diseimbangkan juga sama kuliahnya.
So, Good luck buat adek-adek yang lagi cari-cari kuliah ^^ semoga tepat mengambil keputusannya ya :) selamat datang di dunia mahasiswa :)

Semoga bermanfaat :)
    


38 komentar:

  1. haloo bener banget penadapt mu
    salam kenal
    saya juga d3 farmasi., kuliah mana ?

    BalasHapus
  2. thx ya udah komen ^_^ salam kenal juga ^_^, aku kuliah di univ. muh. purwokerto prodi s1 farmasi

    BalasHapus
  3. Maaf, kbetulan sy mahasiswa S1 farmasi di UIT makassar... Kira2 klu mau lanjut apoteker di univ trtentu... Liat akreditas univ asalnya atau tdk ? Thx :)

    BalasHapus
  4. setahu saya sih engga, cuma nanti ada seprti ujian masuk gitu sebelum diterima di program profesi di univ yang dituju,

    BalasHapus
  5. kalo tamatan d3 bisa jadi apoteker ga, ka??

    BalasHapus
  6. bisa saja, tapi harus menempuh S1 dulu setelah itu baru ambil program profesi, biasanya ada sendiri kalau misal D3 melanjutkan ke S1 cuma kurang tau gimana prosedurnya :)

    BalasHapus
  7. wah blog kak, memanfaabkan saya jadi farmasi nih, tadinya sempet bingung ngambil d3 apa s1,soalny di univ lokal saya hanya mnyediakan d3, kalo saya kuliah kluar kota , mikir org tua juga biaya nya , blum ngekost nya, klo di kota sndiri kan enak dirumah sndri,, oh ya kak ada yg mw kutnyain nih?
    kalo msalnya sudah slsai d3 nya , trus kalo mw lanjut s1 ny itu brapa thun lgi gak? apa 4 thun jga ?

    BalasHapus
  8. Hai Afria, makasih ya udah mampir baca2 :), Alhamdulillah syukur lah kalo blog saya bermanfaat :). Gini Afria, kemaren kebetulan sempet ngobrol2 sama senior yang lagi menempuh studi apoteker di univ tempat saya kuliah, jadi dia juga dulunya ambil D3, melanjutkan S1nya cuma 1 atau 2 tahun, ada univ tertentu yang menerima mahasiswa transfer, jd gak 4 tahun, semoga bermanfaat :)

    BalasHapus
  9. kak kalo kuliah farmasi itu belajar fisikanya dan kimia sama yg kaya yg di SMA atau yg in lebih sulit lagi dan di perinci atau lebih gampang karena bnyak prakteknya? ?

    BalasHapus
  10. kak kebetulan saya dari smf, sebaiknya saya melanjutkan di d3 atau di s1 ya? mohon sarannya

    BalasHapus
  11. @Ugly Girl: wah tentunya lebih sulit de hhe, karena kuliah tidak sama dengan SMA, SMA hanya dasarnya saja, sedangkan di kuliah mulai penerapannya, tapi sangat berguna kalo km jago kimia, fisika dan matematika juga bahasa Inggris. Tapi kalo gak jago2 banget juga gpp hhe tp ya itu harus dipikirkan matang2 jangan sampai menyesal di tengah2 :) kalo km punya tekad yang kuat mau belajar Insya Allah bisa dijalanin walaupun km gak jago2 banget di bidang itu :)

    @Sofi Fatonah: kalo saran saya mending langsung S1 de, soalnya km udah ada basic farmasinya, kalo km ambil d3 sama aja dengan km ngulang smf lagi,

    BalasHapus
  12. kak aku mau nanya, aku masih bingung beda nya jurusan kimia sama jurusan farmasi apa sih ?
    makasih ka :)

    BalasHapus
  13. @shara: Wah tentu beda Shara hhe, aku jelasin farmasinya aja ya Shara, soalnya aku jg gak begitu tahu tentang jurusan kimia, mungkin ada pembaca yang dr jurusan kimia bisa menjelaskan lebih detail :). Jadi kalo farmasi itu sama aja seperti tenaga kesehatan yang lain. Kayak dokter, perawat, bidan, dll. Lebih singkatnya kalo dokter lebih ke diagnosa penyakit, kalo perawat lebih ke perawatan pasien, kalo bidan lebih ke ibu hamil, nah kalo farmasi lebih ke obatnya. Sedangkan jurusan kimia d luar tenaga kesehatan. Di farmasi kamu belajar juga macam2 penyakit, obat apa yg pas buat penyakit itu, gimna cara membuat obat yang baik, gimana cara analisis kandungan obat/suatu tanaman, dll. Sedangkan kalo di kimia tergantung juga kimianya murni atau pendidikan kimia. Kalo kimia murni ya kamu belajar tentang kimia, semua hal yang berhubungan dengan kimia, kalo kimia pendidikan lebih ke guru, jadi mata kuliahnya kimianya gak murni2 banget. Persamaannya sama-sama bisa menganalisis mengenai obat/kandungan senyawa kimia yang terkandung dalam tanaman atau obat sintetis. Jurusan kimia juga bisa kerja di pabrik obat tapi tetep yang ngawasin pembuatannya itu biasanya dari farmasi (Apoteker). Terus kalo jurusan kimia gak bisa jadi apoteker yg bisa kerja d apotek atau rumah sakit (bagian Instalasi farmasi), begitu juga sebaliknya.Masing2 jurusan punya bidangnya masing2 :) silahkan pilih jurusan yang pengen dipilih :D

    BalasHapus
  14. salam kenal ya kak
    aku masih bingung ne mw masuk jurusan apa tapi aku pengen farmasi tapi apakah susah ya masuk farmasi tu

    BalasHapus
  15. Assalamu'alaikum. kak..
    Boleh minta email ga? soalnya aku butuh banget info tentang farmasi..

    BalasHapus
  16. @renaldy: salam kenal jg renaldy, coba tanyakan sama hati kamu maunya masuk jurusan apa hhe, dilihat juga kemampuan kamu adanya dimana, jadi waktu kuliah kamu bisa enjoy nikmatin masa-masa kuliah kamu tanpa adanya tekanan, masuk farmasi gampang kok kalo km rajin belajar dan tentu aja jgn lupa berdoa hhe good luck ya

    @selvi: Wa'alaikumsalam, boleh avi.lathifah@gmail.com

    BalasHapus
  17. wah jadi semangat lagi nih buat masuk kuliah farmasi. sempet down karna nggak bisa masuk univ negeri. tp sukses itu dari kita sendiri. makasih artikelnya sangat memotivasi. 👍😄

    BalasHapus
  18. kak kalo tujuannya jadi apoteker yang cepet mending pilih d3 apa s1 sih?
    soalnya bingung, kalo d3 terus ngelanjutin ke s1 nggak kak?

    BalasHapus
  19. @asmariningtyas: sama2 ;) semangat terus yaa :)
    @lailatun: kalo mau cepet jd apoteker mending ambil S1 aja, tapi kalo pengen kerja dlu mending ambil d3

    BalasHapus
  20. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  21. Ka mau nanya, kalo kita lanjut ke S1 terus kita ga mau ke profesi nya nanti gimana ka prospek kerja nya ? Apakah lulusan S1 banyak di terima di bandingkan D3?

    BalasHapus
  22. Hallo boleh minta pin bb atau akun lainnya seperti facebook ada banyak hal yang ingin saya tanyakan sebelumnya salam kanal ka :)

    BalasHapus
  23. @Meli Yanti: halo Meli salam kenal, maaf ya baru sempat membalas komentarnya, bisa juga kok, temen aku juga ada yang lulusan S1 farmasi aja belum melanjutkan apoteker juga bisa mendapatkan kerja, misalkan di industri farmasi atau di BUMN, ya pintar2 mencari peluang,

    @deapermata : oke salam kenal juga dea,silahkan ke email saja ya avi.lathifah@gmail.com

    BalasHapus
  24. halo ka saya dari smf menurut kaka sya lebih baik nerusin d3 atau s1 ya soal nya saya pengen nya kuliah sambil kerja ka kira kira kalo dari smf ke s1 itu berapa tahun ya

    BalasHapus
  25. halo ka saya dari smf menurut kaka sya lebih baik nerusin d3 atau s1 ya soal nya saya pengen nya kuliah sambil kerja ka kira kira kalo dari smf ke s1 itu berapa tahun ya

    BalasHapus
  26. assalamualaikum kak. mau tanya, kalau d3 farmasi itu prospek kerjanya di mana aja? trus penghasilannya beda jauh apa engga sama yang s1? makasih

    BalasHapus
  27. Kak.. sya Puji Tuhan bisa plajaran kimia, matematika, ama bahasa ingris. Tpi sangat down di Fisika. Tpi krn sya sngat senang ama kimia ama biologi n sangat ingin masuk farmasi, sya ada rencana masuk farmasi. tpi aku down bnget di Fisika. jdi gmna kak?

    BalasHapus
  28. Kalo d3 bidan mau kulyah farmasi apa mulai dari 0

    BalasHapus
  29. Assalamualaikum kak, saya pengen banget kak kuliah di Farmasi. tapi saya dapet nya poltekkes D3 Farmasi, dan tiba2 saya jga dapet S1 Kesehatan Masyarakat, nah jd sya tmbh bingung. pdhl sya pgen bget jd apoteker, tp klo diitung2 lama ya kak dr D3 ke apoteker? apakah 5tahun tidk bisa selesai?

    BalasHapus
    Balasan
    1. tolong fast respon kak ya hehe maaf merepotkan, soalnya ini sudh mepet kk cantik:) hehehe :D

      Hapus
  30. kak biaya farmasi mahal apa tdk?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mahal bgt 😭 buang duit, tp klo uda kerja gajinya jg enak kok 😊😊😊

      Hapus
  31. kak biaya farmasi mahal apa tdk?

    BalasHapus
  32. Ka aku mau nanya, ka lebih enak ngambil Jurusan farmasi apa analis kesehatan?

    BalasHapus
  33. Ka aku mau nanya, ka lebih enak ngambil Jurusan farmasi apa analis kesehatan?

    BalasHapus
  34. Dikit lg Sy mau lulus dan mau ngelanjut ke farmasi kira2 lebih baik D3/S1? Soalnya ada yg bilang klo d3 naggung ada yg bilang d3 gampang nyari kerja ada yg bilang s1 percuma ada yg bilang s1 ke apt nanti gmpng dll jdnya bingung

    BalasHapus
  35. aku bingung banget ka aku dri lulusan smk farmasi mau lanjut farmasi lg kira" lngsung s1 atau d3 ya kuliahnya, sarannya kak, masih bingung bgt soalnya:((

    BalasHapus
  36. Titanium Combat Pack - TITANIA ART | TITANIA ART | TITANIA ART
    TITANIA ART is a titanium keychain new and classic game for hypoallergenic titanium earrings the Toto brand, inspired by the iconic battles titanium watch of the 16th century in the Toto. Players can titanium trim choose dei titanium exhaust wrap from three $12.99 · ‎In stock

    BalasHapus