Sabtu, 06 April 2013

Selamatkan Anak Indonesia !!

Hai semua.. apa kabar?? semoga sehat selalu ya :) amiiin...
   Beeeuuuhh baru sempet ngeblogging lagi hhe.. kadang pengen banget nulis diblog, cuma bingung mau nulis apa. Entah saking banyaknya yang pengen ditulis atau emang gak ada yang pengen ditulis :p. Kali ini aku pengen share sama semuanya tentang berita yang sekarang marak dan miris banget diliatnya. Beneran deh. Tapi bukan berita infotaiment yang lagi marak itu ya -__-. Berita tentang anak SD yang memperkosa temannya sendiri. Ya, beritanya udah.. aduh sedih deh dengernya. Umur segitu harusnya mereka belajar tentang banyak ilmu. Otaknya lagi bekerja dengan sangat bagus untuk menerima hal-hal yang positif. Mau jadi apa bangsa kita kalau penerus bangsanya aja kayak gitu. Sekarang siapa yang harus disalahkan? Balik lagi pada didikan orang tua serta lingkungan sekitar. Ya! 2 hal itu sangat sangat sangat menentukan bagaimana sikap dan perilaku si anak. Tapi, selain itu, anak juga sebenernya harus diberikan edukasi tentang seks sejak dini. Pemberian edukasinya juga jangan berlebihan ya sob :). Terus gimana dong vi? Oke oke pertama kita bahas tentang hal-hal apa aja sih sebenernya yang bikin anak tuh salah informasi dan juga solusinya tentunya.
  1. Tayangan Televisi, kalian tahu gak, sadar gak sadar pengaruh tayangan televisi tuh mempengaruhi banget perkembangan si anak bahkan paling besar pengaruhnya. Walaupun tayangan yang ditayangkan itu adalah sebuah berita. Ya ! berita ! tahu sendiri kan berita yang sering diberitakan di tv itu ya seringnya kejelekan-kejelekan kayak tawuran, korupsi, pembunuhan, pemerkosaan, dll, banyak lah. Berita baik pun kadang cuma berita tentang kegiatan-kegiatan yang dilakukan pihak yang punya stasiun tv. Padahal ada banyak hal yang sebenernya lebih bagus untuk diberitakan. Kadang berita lebih memprovokasi dibandingkan menginformasi. Seringkali juga suatu berita dilebih-lebihkan. Yah intinya begitulah, kita bahas kapan-kapan hhe. Lanjut ke topik, nah dari situ kalau ada anak dibawah umur lihat berita misal pas tentang pemerkosaan pasti dia bakal nanya ke orang tuanya "pemerkosaan itu apa sih pah/mah/bpk/ibu/dll?" nah loh mau jawab apa. Sinetron juga sebagian ada yang masih belum memberikan edukasi yang baik untuk masyarakat terutama anak-anak yang masih dalam tahap meniru. Solusinya: buat yang udah punya anak/adik/keponakan nah solusinya berikan tontonan sesuai umurnya ya sob, banyak kok stasiun televisi yang memberikan acara edukasi, bahkan bisa bikin anak/adik/keponakan kalian nantinya jauh lebih pinter. Emang sih ada yang bilang "nonton aja gak apa-apa yang penting didampingi".Cuma gimana ya,kalau aku rada gak setuju juga sih, paling aman dipilihin tontonan yang sesuai, toh buat masa depan mereka juga kan. Suatu saat nanti ada saatnya dia tahu tentang hal-hal lain. Kecuali kalau anak/adik/keponakan kalian udah tidur, so gak apa-apa sih kalau kalian yang nonton :D
  2. Koran, majalah, buku, ini juga harus hati-hati sob. Kalau koran, yah sama juga kayak yang aku bahas diatas. Lagi-lagi tentang berita. Yah walaupun anak kecil ada yang belum bisa baca, tapi anak SD?? pastinya udah kan? Majalah juga gitu, apalagi yang punya majalah dewasa, beuuhh lebih-lebih tuh. Kecuali majalah anak-anak kayak Bobo gitu sob hhe itu malah bagus :) *pengalaman :D. Terus buku, kayak misal novel atau komik. Boleh sih dikasih novel, komik atau buku cerita gitu tapi lagi-lagi diliat dulu ya sob. Inget ! harus "SESUAI UMUR" :). Solusinya: Kalau kamu punya koran, majalah atau buku yang emang punya kamu dan itu gak bisa engga kamu punya nah harus disimpen baik-baik ya sob. Kalau bisa "JAUHKAN DARI JANGKAUAN ANAK-ANAK" hha kayak obat nyamuk aja. Kalau mau kasih buku atau majalah juga lagi-lagi "SESUAI UMUR" :) jangan lupa dicek dulu isinya :) didampingi juga kalau perlu :)
  3. Gadget, wah kalau yang satu ini sih udah gak ditanya lagi. Perkembangan gadget udah kayak populasi orang Indonesia (semakin berkembang -__-) udah gak kebendung lagi deh. Selalu ada gadget-gadget terbaru setiap tahunnya bahkan mungkin setiap bulannya. Gadget sekarang pastinya udah dilengkapi Wi-fi, 3G, GPRS, dll yang bisa menghubungkan gadget dengan internet. Udah bisa tahu lah ya internet tuh kayak gimana, udah bebas banget. Tapi di internet juga buuanyak banget ilmu pengetahuan yang 'eman-eman' kalau gak dipakai dengan baik. Solusinya: Menurutku nih ya, mending jangan kasih gadget yang canggih-canggih dulu deh buat anak dibawah umur. Misal nih hp gitu ya, kalau itu emang penting kasih deh hp yang cuma bisa telepon atau sms, itu udah lebih dari cukup sob. Berarti gak boleh internetan gitu vi? ah payah banget kamu. Ya boleh lah :) asal ya ntu laptop, netbook, PC, or tablet, dll ada di ruang terbuka gitu sob kayak ruang keluarga, jangan di kamar, dan pakai internetnya "DIDAMPINGI" kalau perlu kamu yang nge-operasiin jadi hati senang pikiranpun tenang :D
  4. Musik, dari lagu barat sampai lagu Indonesia ada kata-kata  yang gak patut buat dinyayiin anak kecil sob. Apalagi lagu-lagu galau gitu yang cinta-cintaan aduuh dah. Ada juga loh yang anak SD, anak SMP frustasi mau bunuh diri gara-gara patah hati -__-. Seperti biasa, iya sih gak semua lagu gitu. Solusinya: kasih denger lagu anak-anak sob, kalau bisa lagu rohani (disesuaikan dengan agamanya masing-masing :) ), atau mp3 Al Quran gitu sob, lagian gak susah kan downloadnya :)
    Eh vi, tadi kamu bilang edukasi tentang seks?.. Yap ! sebenenernya di luar negeri udah banyak sekolah-sekolah yang menerapkan edukasi ini sob. Edukasi ini diantaranya pengenalan mengenai alat reproduksi dulu. Tapi bukan pengenalan yang gimana-gimana ya sob, ini bicara soal ilmiah :). Nah, lama-lama secara alami anak-anak bakal mudeng. Edukasi ini mencegah anak-anak buat cari tahu sendiri sob, apalagi di zaman canggih kayak gini. Tahapan edukasinya juga bertahap, misal SD dikasih tahunya baru alat reproduksi, terus gimana cewek bisa menstruasi. SMP lebih kompleks lagi kayak kenapa kehamilan bisa terjadi (maksudku disini itu bicara mengenai proses terbentuknya janin). SMA lebih dan lebih kompleks lagi kayak misal kok bisa sih sperma masuk ke dalam rahim wanita. Tujuan dari adanya pendidikan seks di usia dini itu diantaranya mencegah anak penasaran, kan mending dikasih tahu baik-baik sob, anak kecil itu masih belum bisa memilah antara yang baik dan buruk. Terus juga buat mencegah adanya pelecehan seksual. Jadi dengan edukasi ini bakal bikin seorang anak ngerti dan lebih hati-hati terhadap orang asing yang mencurigakan tentunya. Sekarang seks itu bukan hal yang tabu lagi sob. Terlalu overprotective terhadap anak juga gak baik, mending kasih edukasi pelan-pelan. Dampingi dan pantau terus kegiatan mereka. Ada hal yang paling penting dan utama sob, yaitu pendidikan agama :) karena ilmu dari segala sumber ilmu dan pondasi utama dari pembentukan karakter seorang anak itu adalah agama :) dengan agama ilmu akan terarah. Peran keluarga serta lingkungan juga berpengaruh terhadap sikap, perilaku serta karakter si anak. So, kita harus lindungi banget anak-anak ya sob, siapapun itu, anak sendiri, adik, adiknya temen, anaknya tetangga, saudara, keponakan yah pokoknya anak-anak deh ya :D kalau bukan kita, siapa lagi :) 

nb: maaf jika ada yang kurang berkenan dengan tulisan saya :) atau ada kesalahan dalam penulisan atau menginformasikan :)  silahkan jika ada yang mau menambahkan atau kritik dan saran penulisan :) karena penulis hanya manusia biasa yang tak luput dari kesalahan :) kalau malu ngomong dikomentar silahkan bisa kirim email ke avi.lathifah@gmail.com dengan senang hati penulis akan membacanya :)

Semoga bermanfaat :)
Terima kasih sudah mampir :)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar